Kelebihan Dan Kekurangan Software Sistem Pengolahan Air Limbah

Pengolahan air limbah adalah proses penghilangan bahan pencemar dari limbah cair secara fisik, kimia dan biologis dengan mengubahnya menjadi limbah akhir yang dapat diterima sebelum dibuang ke badan air atau digunakan kembali, dan untuk membuang padatan yang dihasilkan selama proses dengan aman. Air limbah mengandung sumber daya berharga yang dapat dapat dipulihkan untuk penggunaan sekunder jika diperlakukan dengan benar. Oleh karena itu sangat penting untuk mempelajari operasi kinerja dan efisiensi dan selidiki kemungkinan peningkatan pengolahan air limbah yang ada untuk memenuhi kebutuhan masa depan. Untuk itu maka perlu dilakukannya simulasi untuk mengetahui bagaimana pengelolaan air limbah di lingkungan. Dalam melakukan analisa pemodelan pengolahan air limbah, dibutuhkan perangkat bantuan untuk mempermudah dalam melakukan analisa. Adapun beberapa aplikasi komputer sistem pemodelan pengolahan air limbah, yaitu antara lain Bio-Win dan SewerCad. 

 1. Software Bio-Win 

Bio-Win adalah simulator proses pengolahan air limbah yang menyatukan model proses biologis, kimia, dan fisik. Bio-Win digunakan di seluruh dunia untuk merancang, meningkatkan, dan mengoptimalkan instalasi pengolahan air limbah dari semua jenis. Bio-Win adalah model biologis eksklusif yang dilengkapi dengan model proses lainnya (misalnya model kimia air untuk perhitungan pH dan reaksi presipitasi, model perpindahan massa untuk pemodelan oksigen dan interaksi gas-cair lainnya). 

 

Gambar 1  Tampilan Software Bio-win

Kelebihan program Bio-Win antara lain : 

  • Memiliki kemampuan paling akurat dan diteliti. 
  • Mudah digunakan 
  • Mengeksplorasi strategi untuk mengurangi konsumsi dan biaya operasi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). 
  • Mampu memodelkan bakteri pengoksidasi amonia anaerobik untuk investigasi arus samping dan arus utama proses deamonifikasi. 
  • Memiliki pemodelan transfer gas yang komprehensif .
  • Memiliki kemampuan pengembangan model (Model Pembangun) 

Kelemahan program Bio-Win antara lain : 

  • Tampilannya terbatas dalam 2 Dimensi

 

2. Software SewerCAD 

SewerCAD adalah perangkat lunak pemodelan dan desain saluran pembuangan sanitasi yang mudah digunakan yang dipercaya oleh ribuan kotamadya, utilitas, dan perusahaan teknik di seluruh dunia untuk merancang, menganalisis, dan merencanakan sistem pengumpulan air limbah. 

Bentley SewerCAD Download - SewerCAD can be used to solve the hydraulics

 Gambar 2 Tampilan Software SewerCAD

Kelebihan program SewerCAD antara lain : 

  • Ideal untuk desain sistem dan rehabilitasi saluran pembuangan sanitasi.  
  • Pemodelan yang mudah digunakan serta mampu mempersiapkan model saluran pembuangan secara efektif. 
  • Desain dan rehabilitasi otomatis, ukuran pipa yang paling hemat biaya dan memenuhi batasan desain, menggunakan desain pipa gravitasi dan struktur pipa gravitasi berbasis untuk saluran pembuangan sanitasi kecepatan, kemiringan, kedalaman penutup, dan offset pencocokan pipa dan lubang got. 
  • Menghindari penggalian parit pipa yang tidak perlu, sambil memenuhi batasan desain. 
  • Peningkatan produktivitas desain, kemampuan SewerCAD untuk dijalankan dari dalam MicroStation atau AutoCAD memungkinkan untuk membuat model dalam platform yang lebih dikuasai.

Kelemahan program SewerCAD antara lain :

  • Material pipa yang dapat digunakan terbatas oleh material yang terdapat pada program SewerCAD. 
Kodingan Free

"Life is not about enjoying, but also about sharing."

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

iklan

Support BY

PHP Dev Cloud Hosting